Home Kolom Wirausaha atau Mencari Pekerjaan ?

Wirausaha atau Mencari Pekerjaan ?

0 892
Wirausaha atau kerja

Dari tahun ke tahun, semakin jumlah banyak lulusan/sarjana dengan berbagai macam bidang/jurusan, akan tetapi jumlah lulusan tersebut tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang siap diisi oleh para lulusan tersebut. Dalam segi pengalaman misalnya, mereka diharuskan untuk bersaing dengan para senior lebih lebih berpengalaman dibanding mereka. Hehe, tenang admin bukan bermaksud untuk menakut-nakuti anda sekalian; disini admin hanya ingin bertanya tetang sebuah pilihan yang sekarang lagi musim dan eksis di dalam pikiran anda sekalian yang mungkin baru lulus. Pertanyaan itu adalah “Mau wirausaha atau mencari pekerjaan ?

Di masa sekarang ini, mungkinkah sebagian dari para lulusan/sarjana tersebut memilih untuk ber-wirausaha? mungkin saja… karena hal ber-wirausaha merupakan jalan lain yang bisa ditempuh untuk menghindari persaingan dengan para senior berpengalaman dalam dunia kerja. Namun, sepertinya sangat sedikit yang mau melirik pilihan ini Iya kan…? Faktor penyebab utama yang membuat para sarjana/lulusan menjauhi pilihan ini antara lain modal, kecakapan dan ilmu pastinya. Padahal bila ditilik dari beberapa biografi pengusaha tersohor, banyak pengusaha yang memiliki latar belakan pendidikannya sangat jauh berbeda dengan bisnis yang mereka tekuni. Sejujurnya jawaban pilihan tersebut berada di tangan anda sekalian. Bagi anda yang enggan untuk berspekulasi untuk berwirausaha, pilihan anda akan jatuh pada “mencari pekerjaan“. Memang tak bisa dipungkiri, pilihan ini merupakan pilihan yang normal.

Maka tak ayal jika banyak para lulusan/sarjana lebih sibuk mencari informasi peluang/lowongan kerja ketimbang informasi peluang untuk wirausaha. Apalagi di era melejitnya informasi sekarang ini, mereka akan lebih sering mengunjungi beberapa website penyedia informasi lowongan kerja seperti, Jobstreet.co.id atau mengunjungi website penyedia layanan lowongan pekerjaan yang lebih spesifik atau sesuai domisili mereka seperti LowonganMalang.com (Promosi sedikit, hehe..)

Nah.. dalam perlombaan mencari pekerjaan tersebut, tidak ada salahnya jika kita menoleh sedikit pada pilihan yang pertama, ya.. “wirausaha“. Di sela-sela kesibukan kita mencari lowongan pekerjaan yang kita idam-idamkan, boleh dong kita berwirausaha kecil-kecilan; mulai dari berjualan pulsa, menjadi reseller produk-produk fashion, dan banyak lagi pilihan wirausaha dengan modal yang terhitung kecil. Pilihan ini akan terlihat sangat bijak daripada kita berpangku tangan, masuk akal kan? Jadi, sembari menunggu datangnya panggilan interview kerja, kita bisa memperoleh pemasukan untuk mengganti biaya yang kita keluarkan saat kita berkeliling mencari pekerjaan. Sukur-sukur kalau usaha yang kita tekuni tersebut berjalan lancar hehe..

 

Sekian dulu celoteh ringan dari admin, Salam supeeerrr.. eh.. Salam Sukses… !!!

Bagikan ke Teman