Home Artikel Tanpa Keahlian, Karir pun Bisa Sukses

Tanpa Keahlian, Karir pun Bisa Sukses

0 767

Dalam beberapa perusahaan, Anda membutuhkan keahlian yang sangat spesifik untuk menjadi sukses. Sebagai contoh, seorang koki harus mampu memotong sayuran, kuli bangunan harus mampu mengukur bangunan dengan teliti, seorang designer harus menguasai program desain corel, dll. Namun perusahaan tertentu tidak terlalu peduli dengan hal tersebut karena ada beberapa yang melihat dari integritas dan kemauan seorang karyawan.

happy job

Bagaimana kemudian memaksimalkan hal-hal lain dalam diri Anda selain ketrampilan atau soft skill untuk menunjang karir kerja Anda. Sekarang coba simak lima hal yang akan membuat karir Anda di tempat kerja berhasil dan sukses.

Kenalilah Posisi Anda

Banyak pertanyaan selama wawancara kerja yang menyinggung masalah ketrampilan yang sesuai dengan posisi Anda. Dengan mengetahui posisi dasar, Anda dapat mengaitkan pengalaman pribadi Anda dengan tanggung jawab posisi kerja tersebut. Tidak mungkin meminta bos Anda untuk menentukan hal yang paling Anda kuasai, karena yang mengerti hanya Anda.

Perhatikan baik-baik iklan lowongannya sebelum Anda melamar pekerjaan tersebut. Ketika Anda menulis surat lamaran Anda dan melanjutkan, pastikan Anda mempunyai salah satau ketrampilan yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. Dengan demikian, Anda akan membuktikan bahwa Anda memiliki keterampilan yang tepat untuk menangani pekerjaan itu.


Jadilah Orang yang
Goal Oriented

Menjadi orang yang berorientasi pada tujuan sangat berguna untuk peningkatan karir. Karena dengan berkerja sesuai tujuan, kita tidak akan pernah melenceng dari tujuan utama apapun itu cobaan dan masalahnya. Setelah Anda berkerja bertahun-tahun di suatu perusahaan , Anda akan merasakan bagaimana berjalan melenceng dari tujuan, itu biasa karena memang fokus terus menerus pada suatu hal agaklah sulit dilakukan. Tetapi hal itu harus segera diluruskan agar karir yang Anda bangun dengan cepat terbangun.

Jadilah Orang yang Percaya Diri

Kepercayaan diri bagi beberapa orang bisa berarti negative, yaitu kepercayaan diri yang terlalu berlebihan. Tapi kepercayaan diri adalah fundamental bagi seseorang untuk mencapai tujuan dan impiannya. Percaya akan kemampuan yang Anda miliki selama berkerja akan membantu Anda menemukan bentuk terbaik dari pekerjaan Anda.

Percaya diri bukan berarti sombong. Seperti yang telah disebutkan di awal, kepercayaan diri yang berlebihan bukannya membantu karir Anda, tetapi malah menghancurkannya perlahan-lahan.

Jangan Pernah Berhenti Belajar

Telah menjadi senior di suatu perusahaan akan membuat Anda lamban dalam belajar. Ini harus diatasi, karena cirri orang yang sukses adalah orang yang tidak pernah berhenti belajar sampai kapanpun. Pelajari hal-hal baru untuk meningkatkan etos kerja Anda, mulai dari skill yang kecil sampai dalam tataran konsep yang benar-benar membangun cara kerja Anda yang lebih efektif.

Jadikan masalah yang ada setiap harinya sebagai pelajaran baru yang nantinya akan terkumpul solusi-solusi praktis. Sampai pada akhirnya Anda tidak akan merasakan beban ketika berkerja. Semua terasa ringan karena Anda semakin expert dan menguasai pekerjaan itu.

Membangun Hubungan Kuat

Membangun hubungan yang kuat di tempat kerja adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa Anda berhasil. Namun, membangun hubungan yang kuat bukan berarti hanya menjalin persahabatan, tetapi bagaimana saling mengormati sesama rekan kerja. Bagaimana selalu menumbuhkan empati kepada rekan kerja meskipun sebenarnya hubungan awal yang terbangun adalah semata hubungan profesionalisme kerja. Relasi yang kuat nantinya akan menjadi jembatan panjang menuju kesuksesan karir Anda. Kita tidak mengerti darimana kesuksesan itu datang, dan bisa jadi kesuksesan itu datang dari salah satu kerabat kita.

Bagikan ke Teman

NO COMMENTS

Leave a Reply