Home Artikel PNS ATAU WIRAUSAHA?

PNS ATAU WIRAUSAHA?

0 415

Sekarang ini sedang marak-maraknya UJIAN CPNS.Banyak orang yang tertarik untuk mengikuti ujian ini. Selain karena prestise PNS di masyarakat Indonesia masih sangat terhormat, juga orang berfikiran jika sudah diterima menjadi PNS maka otomatis masa depan ekonomi akan terjamin.
Kemudian kita sebenarnya masih bingung dengan kualifikasi syarat diterimanya seseorang menjadi PNS.Apakah dilihat dari jenjang pendidkan , hasil test CPNS, atau hanya untung-untungan?.

Karena dari pengalaman tahun kemarin banyak Mahasiswa yang tergeser oleh CPNS yang dari lulusan SMA. Terus bagaimana masa depan mahasiswa jika ternyata perjuangannya menruskan pendidikan di tingkat univesitas juga tidak menjamin masa depan ekonomi mereka?.

Mahasiswa tak perlu khawatir tentang masa depan yang akan dihadapi kelak. Terutama di Indonesia yang mana kuliah adalah bukan hanya ajang gengsi di masyarakat, tapi juga dianggap sebagai simbol keberhasilan seseorang. Zaman sekarang hampir semua institusi menaikkan grade kualifikasi penerimaan karyawan baru. Jenjang S1 sudah menjadi harga mati syarat diterimanya karyawan baru. Lebih lagi untuk syarat minimum menjadi guru SD saja sudah harus menempuh jenjang S1 PGSD. Dan S2 untuk dosen di Universitas. Hal ini mungkin menjadi alasan mengapa mahasiswa sekarang jarang tertarik kepada hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan sosial atau organisasi, karena alasan akademik menjadi faktor utama.

Semua orang sebenarnya mengerti keadaan ekonomi yang baik akan mendukung kehidupan keluarga yang baik pula. Sebenarnya kalau kita sadar uang bertebaran dimana-mana. Di dunia ada jutaan Dollar transaksi uang perharinya. Maka sekarang yang kita tekankan adalah bagaimana kitanya. Uang mudah didapat asal kita mau berusaha untuk menjemputnya.

Dalam hal ini saya beri contoh ketika orang belum tahu internet mungkin dia beranggapan bahwa internet hanya menghabiskan uang belaka. Semua anggapan tersebut belum tentu benar karena sebenarnya internet juga bisa dijadikan lahan untuk mencari uang sebagaimana di dunia nyata. Banyak program-program internet yang menawarkan kerja online. Jadi selain kita bisa mencari info lowongan kerja biasa secara online, kita juga bisa langsung kerja online.

Seperti cerita sukses pendahulu Bung Chosaaranda dalam memulai bisnis dengan membuat blog. Dia memulainya dari nol tanpa partner dan hanya bekerja di dalam kamarnya. Semuala ketika orangtuanya melihat mereka beranggapan bahwa anaknya hanya main game dan browsing-browsing internet bisa. Ternyata setelah satu tahun berlalu Chosaaranda berhasil mendapatkan bayaran dari Google walaupun hanya sedikit. Tapi itulah yang mrmbuatnya termotivasi utnuk melakukan lebih banyak inovasi. Sekarang Chosaaranda menjadi seorang pebisnis internet yang sukses besar.

Itulah buah dari usaha keras dan keyakinan. Jika kita berhasil mengalahkan anggapan orang lain atau dari kita sendiri bisa dikatakan kita sudah membongkar mindset. Paradigma yang salah akan menghasilkan hasil yang salah pula. Sebelum menyesal di hari kemudian maka mulailah dari sekarang detik ini juga untuk mencoba berbisnis di dunia tanpa batas teritorial dan waktu. Karena saya meyakini sekitar 10 tahun ke depan internet akan menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi seluruh masyarakat di dunia ini seperti halnya HP saat sekarang. Jika anda sependapat dengan saya mulailah sekarang juga!

ulum

Bagikan ke Teman

NO COMMENTS

Leave a Reply