Home Artikel Hindari 5 Kesalahan Mencari Kerja Online

Hindari 5 Kesalahan Mencari Kerja Online

0 359
Kerja

Dunia teknologi yang semakin canggih mengubah hampir semua kebiasaan, termasuk dalam berburu pekerjaan. Berkat aksesibilitas online, para pencari kerja kini lebih mudah dalam mencari dan melamar kerja. Perusahaan pun lebih efisien dalam menyaring kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Namun, meski lebih mudah, bukan berarti berburu kerja secara online bebas dari kesalahan. Padahal, kesalahan paling sepele pun akan membuat usaha kita sia-sia.

Berikut, lima kesalahan umum pencari kerja secara online, seperti dilansir India Today, Jumat (6/6/2014).

1. Asal Mengirim Aplikasi
Pastikan Anda telah mengirimkan file yang benar ketika mengirimkan email lamaran pekerjaan. Jika salah mengirim email, bisa jadi surat Anda akan dianggap “junk” dan langsung masuk kotak sampah.

2. Ketidakefektifan jaringan
Jaringan (network) adalah bagian paling penting untuk membuat diri Anda terlihat berbeda dalam kerumunan pencari kerja. Namun, jika Anda melakukannya secara salah, justru akan menjadi bumerang.

Setelah mengirimkan aplikasi kerja, Anda bisa meminta feedback dari pihak perusahaan. Tetapi pastikan Anda tidak melakukannya terus menerus sehingga membuat Anda terlihat menuntut.

3. Profil media sosial tidak lengkap
Perusahaan sering menggunakan media sosial sebagai sumber informasi tambahan para kandidat karyawan mereka. Jika profil media sosial Anda tidak lengkap, maka bagaimana perusahaan bisa lebih mengenal Anda? Bisa-bisa, nama Anda akan masuk ke daftar hitam perusahaan.

4. Menggunakan surat lamaran kerja yang sama
Ketika mengirim surat lamaran kerja, pastikan Anda menyesuaikannya untuk setiap organisasi yang Anda lamar. Jangan menggunakan satu surat lamaran kerja dan CV untuk semua perusahaan.

5. Etiket email
Selalu pastikan bahwa e-mail Anda bebas dari kesalahan ejaan dan tata bahasa. Hal ini penting untuk menciptakan kesan positif kepada perusahaan. Gunakan salam yang tepat dan hindari menggunakan bahasa gaul, karena sangat tidak profesional

Sumber

Bagikan ke Teman

NO COMMENTS

Leave a Reply