Home Artikel Etika Kerja Ketika Menjadi Karyawan

Etika Kerja Ketika Menjadi Karyawan

0 837
wawancara kerja

Dalam dunia kerja, kita selalu dihadapkan pada lingkungan yang menuntut profesionalisme kita dalam bekerja. Banyak yang berpendapat itu termasuk sebagai etika kerja. Jika kita berperan sebagai karyawan dalam sebuah perusahaan, sebenarnya apa saja etika yang harus kita pegang agar tidak mengganggu stabililitas perusahaan? Apakah kita harus selalu menurut apa yang dikatakan manager? Apakah kita harus rajin masuk kerja? Jam 7 masuk kantor dan pulang tepat jam 5? Sebenarnya bukan itu saja yang dimaksud dengan etika kerja.

wawancara kerja

Menjadi karyawan artinya kita berkerja untuk perusahaan tertentu. Selain mendapatkan hak sebagai karyawan, kita juga harus mengerti apa kewajiban dan larangan ketika menjadi karyawan sebuah perusahaan atau biasa kita sebut dengan etika kerja karyawan. Ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan sebagai karyawan.

Hak- Hak Karyawan

1. Mendapatkan Upah yang Layak

– Sebagai karyawan, kita berhak mendapatkan upah yang layak sesuai dengan pekerjaan yang kita emban. Kita boleh saja menunjukkan loyalitas terhadap perusahaan, namun kita juga harus meminta apa yang menjadi hak kita sebagai karyawan.

2. Mendapatkan Kesejahteraan

– Seorang karyawan harus mendapatkan hak kesejahteraan dari perusahaan. Tunjangan hari raya, pendidikan, kesehatan termasuk dalam hak kesejahteraan karyawan.

3. Hak Bersosial

– Seorang karyawan berhak untuk menentukan kemana mereka berkumpul dan menyuarakan aspirasi mereka. Tidak ada batasan yang mengharuskan karyawan perusahaan tertentu mengikuti kelempok tertentu.

4. Hak dalam Proses Hukum

– Karyawan berhak mendapatkan proses hukum yang selayaknya. Permasalahan karyawan yang berhubungan dengan hukum seharusnya dibantu oleh perusahaan dengan proses hukum juga

5. Hak atas Rahasia Pribadi

– Karyawan berhak merahasiakan hal yang menjadi kehidupan pribadi. Tidak perlu kita menceritakan hal-hal pribadi di tempat kerja. Hal tersebut akan menimbulkan suasana yang tidak kondusif di ruang kerja.

 

Kewajiban Karyawan

 

1. Kewajiban Taat

– Karyawan diwajibkan taat dengan apa yang sudah menjadi aturan perusahaan. Karyawan yang tidak taat biasanya akan mendapatkan sanksi sesuai aturan internal. Sebagai karyawan, kepentingan perusahaan harus diutamakan. Entah itu yang berhubungan dengan pekerjaan harian atau dengan tim kerja.

2. Kewajiban Konfidensial

– Karyawan wajib menjaga rahasia, data-data, dan dokumen perusahaan. Seorang karyawan tidak dibenarkan membocorkan dokumen yang berhubungan dengan kerahasiaan perusahaan. Apalagi jika menggunakan data, dokumen, bahkan fasilitas kantor untuk kuntungan pribadi. Hal ini sangat bertentangan dengan etika kerja dalam sebuah perusahaan. Jika ada yang melanggar, sanksi paling banyak dilakukan oleh perusahaan adalah pemecatan karena akan merugikan.

3. Kewajiban Loyalitas

– Seorang karywan sudah seharusnya loyal terhadap perusahaannya. Loyal dalam artian berkerja sepenuh hati dan tidak setengah-setengah. Banyak kasus karyawan yang tidak loyal kepada perusahaan dan dalam waktu bersamaan berkerja di tempat lain di bidang yang sama pula. Ini sangat dilarang dalam etika kerja.

Dengan mengerti apa saja kewajiban dan hak karyawan (etika kerja karyawan ), setidaknya kita bisa membatasi diri dari perbuatan yang tidak terpuji dan dibenci perusahaan manapun. Kita akan lebih hat-hati dalam membuat keputusan yang berhubungan dengan pekerjaan. Hubungan dengan rekan kerja bagus, begitu juga dengan perusahaan. Sehingga hal itu pun akan menunjang peningkatan karir kita.

 

 

Bagikan ke Teman

NO COMMENTS

Leave a Reply