Home Artikel Cara Agar Tidak Terjebak Lowongan Kerja Palsu

Cara Agar Tidak Terjebak Lowongan Kerja Palsu

0 502
Lowongan kerja palsu

Saat ini, semakin banyak perusahaan semu berani membuka lowongang kerja palsu; dan yang menawarkan prospek menjanjikan, akan tetapi hal itu tak pernah terjadi setelah kita telah mendapatkan pekerjaan tersebut. Ketika kita hendak melamar pekerjaan, kita cenderung melupakan hal-hal simpel seperti; mengecek kebenaran dari profil perusahaan tersebut. Hingga kita tidak menyadari kalau-kalau lowongan kerja tersebut palsu.

Oleh sebab itu, kita seharusnya bisa dan lebih teliti dalam mencari pekerjaan. Supaya Anda tidak terjebak dengan lowongan kerja palsu  yang juga sudah semakin marak, berikut kami beri beberapa tips untuk menjadi bekal untuk menghidar dari lowongan kerja palsu tersebut.

 

Lowongan kerja palsu

 

1. Cek Profil Perusahaan

Sebelum Anda memasukkan surat lamaran anda, pastikan untuk mengetahui profil perusahaan dengan detail. Disini, selain bisa mengetahui kredibilitas perusahaan yang akan anda tempati, anda bisa mengetahui seluk beluk perusahaan tersebut. Sehingga anda juga telah mempunyai senjata yang dapat anda gunakan saat interview kerja. Namun checking profil perusahaan saja tidak cukup, berikut tips yang no. 2.

2. Cek juga Riwayat Perusahaan

Disini anda perlu mengetahui riwayat perusahaan di luar web perusahaan. Sehingga kita bisa melacak kredibilitas perusahaan.

3. Jangan Tertipu Dengan Panggilan Via SMS

Suasan zaman yang telah berubah saat ini juga telah menimbulkan sesuatu yang juga dapat membuat anda terjebak saat pekerjaan tersebut. Hingga saat ini, panggilan kerja via SMS pun juga mulai semakin marak. Namun bila Anda tidak pernah merasa memasukkan lamaran ke tempat tersebut, maka sebaiknya abaikan SMS itu. Pastikan Anda mencatat ke mana saja Anda memasukkan lamaran sehingga tidak terjadi penipuan.

4. Jangan Membayar Sembarangan

Pernah dulu ada seorang teman mendapat panggilan kerja dari perusahaan “A” dan setelah proses interview berlangsung, Selang beberapa jam, dia dimintai sejumlah uang agar bisa menjadi karyawan dalam perusahaan tersebut. Sebaiknya Anda menolak bayar membayar ini, karena perusahaan yang benar-benar membutuhkan karyawan tidak akan meminta uang di muka.

Demikian beberapa tips yang bisa Admin bagikan untuk anda, dan mampu anda terapkan terapkan agar tidak tertipu. Artikel ini merupakan sebuah saduran dari salah satu media yang ada di Indonesia.

Bagikan ke Teman

NO COMMENTS

Leave a Reply