Home Berita Utama Bus Sekolah Gratis Malang Siap Diresmikan

Bus Sekolah Gratis Malang Siap Diresmikan

0 791

bus sekolah malangBus sekolah gratis untuk pelajar di Kota Malang akan segera diresmikan Pemkot Malang yang jumlahnya enam buah. Rencananya, launching bus sekolah akan dilakukan awal Januari mendatang. Lima bus sekolah dari Pemkot Malang sudah dalam tahap finishing, satu bus sekolah dari Bank Jatim sudah diserahkan ke Pemkot Malang beberapa waktu lalu.
Senin kemarin, Wali Kota Malang, H. Moch Anton melihat kesiapan lima bus sekolah yang dalam tahap finishing di Morodadi Prima, Singosari. Walikota sempat kagum dengan interior bus dan kelengkapan bus sekolah. Bus terdiri dari 35 seat dilengkapi dengan AC dan lemari pendingin, plus dua TV LED terpasang di dalam bus.“Wah, fasilitasnya lengkap, ada lemari pendinginnya juga. Ini akan dapat melayani pelajar dengan maksimal,” kata Abah Anton, sapaan akrab walikota, kepada Malang Post.
Gambar Tugu Malang dan aktifitas pelajar mulai SD, SMP dan SMA, plus gambar Abah Anton dalam bentuk karikatur terpampang di bodi bus sekolah yang didominasi warna putih itu.
Awalnya, bus itu akan dilaunching pada akhir bulan ini. Hanya saja, Dinas Perhubungan Kota Malang masih harus mempersiapkan halte bus sekolah di tempat-tempat yang telah ditentukan. Nantinya, para pelajar akan naik dari halte-halte yang telah dibangun Dishub.
“Sebelum akhir tahun, halte-halte bus sekolah sudah dapat terbangun. Dishub juga akan mensosialisasikan bus sekolah ke sekolah-sekolah yang dilalui bus gratis itu,” terangnya.
Dijelaskannya, bus sekolah rencananya akan beroperasi mulai jam 05.30 WIB melalui sekolah-sekolah yang ada di Kota Malang. Perjalanannya seperti bus-way, setiap 10 menit akan ada bus yang melintas di halte-halte yang telah dibangun.“Rutenya nanti akan ditetapkan Dishub. Jalur mana saja yang akan dilalui bus sekolah gratis itu,” jelasnya.
Keberadaan bus sekolah itu sebagai bentuk komitmen Pemkot Malang di bawah kepemimpinan Abah Anton, untuk memperhatikan akomodasi para pelajar. Mereka yang terbiasa membawa kendaraan sendiri untuk kalangan pelajar SMA, nantinya akan beralih menggunakan bus sekolah yang nyaman ini.“Sehingga akan mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang ada di jalan, saat jam masuk dan pulang sekolah. Karena di jam-jam itu biasanya arus kendaraan sangat padat. Pelajar pun tidak lagi mengeluarkan uang untuk transportasi di jalan menuju ke sekolah dan sebaliknya dari sekolah ke rumah,” tambahnya.

Sumber:

www.malang-post.com

 

Bagikan ke Teman

NO COMMENTS

Leave a Reply