Home Artikel BAGAIMANA MENULIS PROPOSAL BISNIS

BAGAIMANA MENULIS PROPOSAL BISNIS

0 324

Anda mempunyai sebuah ide yang brilian untuk produk yang baru atau layanan publik. Sebelum bank atau investor memberikan pinjaman uang untuk membangun bisnis tersebut, anda perlu menciptakan sebuah proposal bisnis yang menarik. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengembangkan produk anda dan membuat impian anda menjadi kenyataan.

1. Bertanyalah kepada orang-orang yang telah sukses menulis proposal bisnis. Tanyakan apa yang telah dikerjakan dan dilakukan.
2. Buatlah outline 2 bagian proposal. Bagian pertama menjelaskan tentang peluang bisnis itu dan rencana anda dalam mengambil keuntungan dari bisnis tersebut. Yang kedua menyajikan data keuangan, pembayaran pajak, dan kesimpulan dari rencana pengoperasian bisnis anda.
3. Mulailah menulis proposal. Batasi proposal bagian pertama menjadi 10 lembar. Buatlah sejelas mungkin ketika menerangkan peluang pasar.
4. Jelaskan apa saja yang menjadikan anda dan perusahaan anda berbeda dengan pesaing lainnya. Mungkin anda mempunyai skill khusus dan spesial. Atau anda mempunya banyak pengalamn yang jarang dimiliki orang lain. Sampaikan pencapaian dan prestasi anda dalam senuah perusahaan.
5. Jelaskan pangsa pasar yang akan dituju.
6. Identifikasi dan teliti prospek dari pelanggan. Terangkan kenapa anda meargetkan mereka.
7. Ringkaslan rencana penjualan anda. Usahakan detail tapi singkat dan jelas.
8. Diskusikan apa saja hambatan yang mungkin terjadi pada perusahaan anda.
9. Bentuklah tim manajemen. Siapa saja yang menjadi tiga orang pemimpin teratas dalam perusahaan. Berikan garis besar kulafikasi data biografi.
10. Jelaskan harapan dan target anda dalam mencapai hasil keuntungan untuk tahun pertama. Diskusikan berapa banyak dana yang diperlukan untuk memulai bisnis tersebut, bagaimana penggunaan uang itu sendiri, dan darimana rencana anda untuk mendapatkannya.

Selamat mencoba!

ulum

Bagikan ke Teman

NO COMMENTS

Leave a Reply