Home Artikel Bagaimana Cara Menguasai Interview Kerja

Bagaimana Cara Menguasai Interview Kerja

0 500
Menguasai Interview Kerja

Gugup dalam wawancara kerja itu memang sebuah hal wajar saat kita sedang melamar pekerjaan yang kita idam-idamkan. Lalu bagaimana cara agar kita dapat mengatasinya dan menguasai interview kerja?

Admin telah mempersiapkan tips-tips berikut untuk mengatasi rasa gugup dan membuat anda mampu menguasai jalannya wawancara. Tips ini telah dirangkum dari salah satu artikel di halaman Cosmopolitan Indonesia.

 

Pertama

Persiapkan diri dan mental anda. Kata sebagian orang “Persiapan” itu sarat utama saat anda ingin menguasai interview kerja. Caranya bagaimana sob? Caranya simple kok, antisipasi segala pertanyaan yang mungkin diajukan dan rancanglah jawabannya sehingga anda akan terlihat lebih percaya diri saat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Nah lho, pertanyaannya seperti apa? Pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan gak rumit kok, pertanyaannya seputar pekerjaan yang anda lamar, pengalaman kerja anda sebelumnya, dan kemungkinan paling besar ya sekitar kehidupan anda di luar pekerjaan.

Tapi tidak ada salahnya anda juga harus mengeksplorasi tempat kerja itu terlebih dahulu agar anda tidak terlambat saat interview tersebut berlangsung. Karena dengan anda datang terlambat rasa gugup tersebut akan hadir dan hal ini akan menghabat anda dalam menguasai interview kerja tersebut. Selain itu, perhatikan pula penampilan anda, karena penampilan akan menjadi bagian terbesar untuk menampilkan kesan akan kesiapan anda terhadap lawan bicara anda. Dan satu lagi, istirahatlah yang cukup, karena hal tersebut membantu anda untuk fokus.

 

Lalu,,,

Saat interview tiba, mulailah dengan jabat tangan dengan penuh percaya diri, gunakan kalimat positif dan tersenyum. Tunggulah hingga pewawancara mempersilahkan anda untuk duduk, dan tetap menjaga kontak mata sepanjang pertemuan untuk memastikan kesiapan dan kejujuran anda.

Saat menjawab pertanyaan, dengarkan baik-baik pertanyaan apa yang diajukan kepada anda dan pikirkan terlebih dahulu sebelum menjawab. Dan selalu imbangi setiap perkataan anda anda dengan contoh perihal yang pernah anda lakukan.

Dan saat wawancara akan selesai, biasanya anda akan diberi kesempatan untuk bertanya, dan akan terlihat profesional bila anda menanyakan pertanyaan yang berhubungan dengan perusahaan atau posisi pekerjaan anda dalam perusahaan tersebut.

 

Dan,,,

Sesudah interview berlangsung, kirimkan email atau notes berisi ucapan terimakasih dalam hari yang sama. Buatlah isi surat tersebut dengan mengatakan bahwa anda sangat menyukai pertemuan dengan mereka. Konfirmasikan bahwa anda masih tertarik pada pekerjaan tersebut dan berpikir apa saja kontribusi positif yang bisa anda berikan terhadap pekerjaan dan perusahaan.

Well, kalau anda mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi rasa gugup dan menguasai interview kerja yang akan anda jalani it’s ok tapi tidak ada salahnya untuk mencoba diatas bukan? So… Selamat Mencoba Sob…

Bagikan ke Teman

NO COMMENTS

Leave a Reply