Home Artikel 9 Hal yang Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja

9 Hal yang Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja

0 439
wawancara kerja

Ketika wawancara kerja pasti kebanyakan fresh graduate mendapati dirinya membuat beberapa kesalahan-kesalahan, entah disengaja maupun tidak disengaja.

Terkadang, saking gugupnya, sampai tidak bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar. Jawaban pertanyaan wawancara yang sudah dipersiapkan pun jadi terkesan asal menjawab tanpa dipikir.

Nah, cara terbaik untuk menghindari kesalahan wawancara yang paling umum dan berbahaya adalah berpikir ke depan. Kalian pun juga tidak boleh membuat mereka tersinggung sehingga berdampak gagalnya kesempatan kerja.

Berikut beberapa tips, hal-hal apa saja yang harus dihindari saat wawancara kerja, seperti dilansir dari laman Monster, Senin (2/12/2013).

1. Berbohong
Meski tergoda, itu tidak akan berhasil. Sekali Anda berbohong, maka Anda tidak akan bisa berhenti. Mark Twain mengatakan, jika Anda mengatakan yang sebenarnya, maka Anda tidak perlu mengingat apapun.

2. Mengkritik perusahaan
Wawancara kerja bukanlah waktu untuk membalas dendam karena dipecat dari perusahaan sebelumnya. Ingatlah bahwa pewawancara akan mendengarkan dengan seksama jawaban Anda dan mereka akan berpikir tentang posisi pekerjaan yang pantas untuk Anda.

Tanyakan kepada diri sendiri, apakah Anda suka bekerja dengan orang-orang yang terus-menerus mengkritik orang lain? Masalahnya adalah, pewawancara akan menarik kesimpulan besar dari jawaban yang Anda lontarkan. Ini justru membuat Anda terlihat buruk.

3. Menjadi kasar
Jika Anda tidak sengaja bersikap kasar, minta maaf lah dengan tenang. Jika Anda memikirkan hal itu, maka akan mempengaruhi kinerja. Aturan praktis, hindari lelucon tentang topik sensitif dan berhati-hatilah serta jangan terlalu bersahabat dengan pewawancara. Cukup berlaku sopan dan ramah.

4. Mengeluh
Perjalanan Anda menuju tempat wawancara mungkin melelahkan, karena cukup jauh. Tapi pewawancara tidak peduli akan itu. Mengeluh bahkan bercanda tidak dianjurkan. Memang tidak berbahaya, tapi jangan biarkan mengeluh saat Anda sedang diwawancara.

5. Membicarakan orang lain
Saat wawancara, hal umum yang biasa ditanyakan adalah bagaimana Anda menangani konflik. Perusahaan menyadari pentingnya hubungan interpersonal dalam lingkungan kerja. Jadi, jika mereka bertanya tentang orang lain, pastikan Anda menahan diri dari pembunuhan karakter dan menyalahkan orang lain atas masalah yang mereka lakukan.

6. Tidak siap
Pastikan Anda telah membawa apa pun yang diminta. Tidak apa-apa untuk membawa catatan, seperti pena, pastikan Anda rapi. Tentu saja ini jika Anda memiliki pertanyaan yang ingin diajukan. Ini menunjukkan bahwa Anda serius dengan pekerjaan yang ditawarkan. Kandidat yang tidak siap, jarang mendapatkan tawaran pekerjaan.

7. Gugup atau terlalu percaya diri
Jika Anda tampak terlalu gugup, mereka akan berpikir bahwa Anda tidak cukup percaya diri untuk melakukan pekerjaan itu. Namun, jika terlalu percaya diri akan membuat mereka berpikir bahwa Anda tidak akan masuk ke dalam tim. Jika wawancara merupakan masalah bagi Anda,itu layak mendapatkan bantuan praktis dari seorang profesional seperti pelatih wawancara.

8. Membuat kesan buruk pertama
Jangan membuat kesan buruk di saat pertama berjumpa. Pewawancara akan cenderung mengingatnya karena ketidaksempurnaan jawaban yang dilontarkan kalian.

9. Tidak meneliti perusahaan
Sebagai aturan umum, semakin terkenal sebuah perusahaan, semakin mereka akan mengharapkan Anda untuk bekerja di perusahaannya. Meneliti perusahaan menunjukkan Anda serius dengan pekerjaan tersebut

Bagikan ke Teman

NO COMMENTS

Leave a Reply