Home Artikel 5 Usaha yang Tahan Lama

5 Usaha yang Tahan Lama

0 2099
bisnis tahan lama

Saat ini banyak bermunculan pengusaha-pengusaha baru di Indonesia. Hal tersebut membuat geliat usaha menjadi lebih banyak. Akhirnya saya mencoba memberikan daftar beberapa jenis usaha  yang tahan lama dan tiada matinya.

Ini bukan berarti jika Anda langsung mencoba bentuk bisnis yang saya sebutkan Anda otomatis akan terhindar dari kegagalan. Jenis usaha yang tiada matinya merupakan bentuk usaha yang akan selalu dicari oleh orang sampai kapanpun juga. Jika Anda ingin mencoba beberapa bisnis dan akhirnya gagal, itu bukan semata-mata karena jenis bisnisnya salah, tapi bisa jadi karena factor lainnya.

Berikut saya coba menyebutkan beberapa usaha yang tahan lama:

  1. Bisnis retail

–          Retail apapun bisa dicoba. Memang secara kasat mata, bisnis retail terkesan seperti bisnis yang biasa dan tidak terlalu wah, tetapi usaha retail seperti berkerja yang hanya menunggu orang datang membeli barang kita. Saat ini bisa kita lihat retail dengan konsep yang baru seperti Indomaret atau Alfamart. Mereka berhasil menembus pemahaman retail konvensional.

–          Biaya yang dibutuhkan bisnis retail bisa dibilang banyak. Tapi ini akan menjadi investasi yang menguntungkan kedepan. Karena orang akan selalu mencari bahan-bahan pokok seperti yang dijual di kebanyakan took retail.

 

  1. Bisnis kuliner

–          Masalah perut tidak perlu dipertanyakan, semua orang pasti butuh dan mencari makanan setiap harinya. Sampai kapanpun usaha kuliner tidak akan pernah ada matinya. Kuliner bisa bermacam-macam, mulai dari kuliner kecil ataupun besar.

–          Modal yang dibutuhkan untuk usaha kuliner sanagt variatif, jika kita ingin membuat warung kuliner yang besar atau resto, maka modal besar pula. Namun, banyak juga kuliner kecil seperti makanan ringan yang sukses dan meraup keuntungan sebesar keuntungan resto. Tergantung bagaimana cara pemasaran dan mempertahankan kualitas rasa.

 

  1. Bisnis Properti

–          Setiap orang membutuhkan tempat tinggal, jadi apapun alasannya bisnis properti akan terus bertahan sampai kapanpun kecuali jika memang sudah tidak ada tanah dan bangunan di dunia ini.

–          Usaha properti membutuhkan modal yang sangat besar. Jika kita ingin berbisnis property dengan modal kecil, bisa memulai dengan menjadi agen property. Kita hanya dituntut berkomunikasi dengan calon pelanggan dan menjualkan properti orang lain.

 

  1. Bisnis Jasa

–          Tidak punya modal tapi punya banyak skill? Mulailah berbisnis jasa. Jasa apapun itu. Bisnis jasa tidak akan termakan waktu, karena hampir semua orang membutuhkan jasa. Mulai dari jasa kurir, jasa catering, jasa desain grafis, jasa pengurusan surat-surat. Usaha di bidang jasa memunginkan kita untuk memulai usaha tanpa modal. Yang kita butuhkan hanya menjaga kepercayaan pelanggan sebaik mungkin.

 

  1. Bisnis Pendidikan

–          Pendidikan akan selalu dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat, apalagi saat ini kita dituntut untuk terus menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Kita bisa membuat bimbingan belajar atau les privat dengan biaya yang terjangkau. Kita bisa lihat banyak pengusaha yang sukses di bidang pendidikan. Sebut saja Purdi E Chandra yang sukses membuat ratusan cabang bimbingan belajar di seluruh Indonesia dengan PRIMAGAMAnya. Hal tersebut didukung oleh kebutuhan pendidikan di Indonesia yang terus meningkat.

–          Modal yang dibutuhkan untuk membuat usaha di bidang pendidikan bisa bermacam-macam. Seorang yang tidak punya modal pun memiliki kemampuan untuk menjadi seorang pengusaha bidang pendidikan dengan mengadakan les privat dari rumah ke rumah.

Dari beberapa jenis usaha tersebut, bisa kita simpulkan bahwa usaha yang tahan lama adalah usaha yang berhubungan langsung dengan kebutuhan primer manusia. Kita bisa mencobanya salah satu. Masih banyak jenis usaha lain yang tidak sempat saya sebutkan disini. Akan saya bahas di sesi lainnya.

Bagikan ke Teman

NO COMMENTS

Leave a Reply